haha69
haha69

Gemerlap Gala Dinner KTT ASEAN, Para Pemimpin Kompak Pakai Batik

Tampilan panggung KTT ke-43 ASEAN di Hutan Kota Plataran, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu, 6 September 2023/Repro

Gala Dinner ASEAN di bawah Keketuaan Indonesia kembali menarik perhatian. Pasalnya, lokasi tempat acara telah disiapkan sedemikian rupa dan sangat indah dilihat mata.

Berdasarkan pantauan Kantor Berita Politik RMOL, jalan menuju ruang makan malam terasa begitu indah dengan hiasan bunga dan pohon-pohon yang tampak menyala karena disinari lampu berwarna-warni.

Tidak sampai di situ, tempat makan para tamu telah diatur menghadap panggung utama yang tampilannya sangat spektakuler karena melibatkan empat gedung besar di sekitarnya sebagai layar besar.

Layar itu mampu menampilkan video yang semakin menambah kemegahan dan kemeriahan acara.

Presiden RI Joko Widodo dan ibu negara Iriana Widodo menyambut kedatangan para pemimpin dan mitra ASEAN satu per satu.

Berdasarkan urutan kedatangan, pemimpin yang hadir di antaranya, PM Kamboja Hun Manet dan istri, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dan Pangaran Abdul Mateen, PM Australia Anthony Albanese dan istri, PM Laos Sonexay Siphandone dan istri.

Mereka semua kompak mengenakan batik khas Indonesia dengan motif berbeda.

Tidak lama kemudian, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres datang, disusul PM Kepulauan Cook Mark Brown, PM Malaysia Anwar Abbas dan istri, PM Timor Leste Xanana Gumao, serta PM Kanada Justin Trudeau dan putranya.

Selanjutnya, PM Jepang Fumio Kishida datang bersama istri, begitu pula Presiden Singapura Lee Hsien Loong. Sementara PM Vietnam Pham Minh Cinh datang seorang diri, kemudian hadir Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr dan istrinya.

Thailand diwakili oleh utusan khusus Sihasak Phuangketkeow. Setelahnya juga hadir Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan istri, PM China Li Qiang, dan terakhir Wakil Presiden AS Kamala Harris.

Seluruh tamu dibimbing masuk keruang dinner pukul 20.00 WIB. Mereka duduk sambil bercengkrama satu sama lain.

Presiden Jokowi kemudian memberikan sambutannya di Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN. Meski telah melewati kegiatan yang cukup padat, Jokowi meminta para pemimpin menikmati makan dan pertunjukan yang ditampilkan.

“Malam ini Indonesia akan menampilkan penampilan terbaik. Jadi silakan duduk santai dan nikmatilah. Terimakasih,” ujarnya.

Pertunjukan spektakuler di atas panggung satu per satu ditampilkan. Mulai dari pertunjukan seni dan budaya ASEAN hingga penampilan dari penyanyi ternama Indonesia.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.