haha69
haha69

Arab Saudi Bangun Resor Ski di Kota NEOM, 75 Persen Pakai Salju Buatan

Arab Saudi Bangun Resor Ski di Kota NEOM, 75 Persen Pakai Salju Buatan

Proyek resor ski salju Trojena diumumkan pertama kali oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman pada tahun 2022.

Dimuat Al Arabiya, resor ini diperkirakan akan menampung 7.000 penduduk, dengan lebih dari 700 ribu pengunjung datang setiap tahunnya. Resor ini akan berisi pusat perbelanjaan, klub malam, lereng saju, hingga diisi  oleh lebih dari 100 acara olahraga hingga musik.

Direktur Eksekutif Trojena, Philip Gullett menyebut topografi dan iklim yang lebih sejuk di Trojena bisa memungkinkan Arab Saudi membangun ski salju di luar ruangan.

“Namun, apa yang kurang diketahui tentang Trojena adalah bahwa Trojena mengalami hujan salju alami setiap tahun dengan suhu di bawah nol derajat sepanjang bulan-bulan musim dingin. Semua ini mendukung Trojena sebagai tujuan olahraga musim dingin,” jelasnya.

Agar selaras dengan tujuan membangun kota NEOM yang ramah lingkungan dan hijau, pembangunan rekor ski salju ini menggunakan energi terbarukan, meminimalkan penggunaan air, dan mengoperasikan mesin salju dengan energi netral karbon.

Jalur ski utama di Trojena berada pada ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut. Selama bulan-bulan musim dingin, suhu di Trojena berkisar antara -17 derajat Celcius hingga 22 derajat Celcius, sehingga ideal untuk bermain ski.

Resor ini akan terdiri dari campuran lereng dan permukaan ski kering sebagai fondasi untuk salju alami dan buatan mesin.

Sekitar 75 persen lereng akan ditutupi dengan salju buatan mesin, yang dibuat dengan cara yang paling ramah lingkungan dengan hanya menggunakan air dan udara sebagai bahannya,

“Tidak ada bahan kimia tambahan yang akan digunakan dalam produksi salju Trojena,” tambah Gullett.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.